Aku Mahasiswa?

Oleh: Anonim | Mahasiswi |

Hari tempo hari, bagaimanapun baik dan buruknya hari itu biarkanlah berlalu. Biarkan hari ini sebagai hari yang baru dan waktu untuk memandang langit biru yang indah.  Hawa yang diam demikian  begitu indah, menghadirkan bola matahari dengan kemuning sinarnya. Ditemani secangkir teh hangat yang tertata rapi tepat berada didepanku. Ku mulai menikmati setiap detiknya seakan sedang bernostalgia untuk menyambut hangatnya sang surya.

Sebelum ku mulai memberikan beberapa tinta hitam diatas kertas kehidupanku dikota rantau, dulu dan sampai saat ini masih terngiang dan melekat akan pesan orang tua, guru dan para kerabat yang telah di titipkan padaku, “belajarlah dengan niat belajar”, ucapan ini persis yang telah disampaikan pula oleh aktifis sejati baginda Rasul “ utlubul ‘ilma minal mahdi ilal lahdi”. Maka sampai detik ini aku selalu memulai hari dengan niat belajar, menganggap apa yang aku dengar, aku lihat dan aku rasakan adalah pelajaran bahkan pendidikan yang alami bagiku. Dan sadar ataupun tidak sadar, saat ini aku adalah mahasiswa. Dimana orientasi mahasiswa itu ? aku sendiri yang akan mencari dan menemukannya. walau berada dalam lingkungan bebas, tak lupa juga aku memikul tanggung jawab terhadap diri sendiri, orang tua, sosial dan yang paling besar adalah tanggung jawab terhadap Pemilik diri.  Karena orang tua hanya tau dan bangga bahwa anaknya adalah seorang Mahasiswa.

Awal sebelum perkuliahan begitu jauh aktif, terbesit dipikiranku untuk ikut berorganisasi selain 3K (kuliah-kost-kantin), atau kata mentor saat MASTA (Masa Ta’aruf) berlangsung “janganlah kalian termasuk golongan KUPU-KUPU yang mana memiliki arti (kuliah pulang – kuliah pulang). Saat itu akupun mulai memberikan kebebasan pada pola pikirku untuk berunding bersama egoku, karena pasti sangat membosankan bila semasa kuliah hanya mendapatkan ilmu dari dosen tanpa mau tau lebih luas lagi. Dan waktu itu juga aku berikhtiar memilih satu organisasi extra, untuk menjadi satu ruang tersendiri bagiku untuk mengembangkan keintelektualan yang mungkin akan aku rasakan masih sangat dangkal untuk lebih diisi dan di kembangkan, dan ternyata yang aku rasakan hingga saat ini diluar ekspektasi ku saat awal niat ingin bergabung di salah satu organisasi extra itu, yang aku dapatkan bahkan lebih. karena disitu juga banyak ilmu yang aku dapat diluar bangku kuliah, sebagaimana mahasiswa itu sebagai agent of controlagent of change, dan agent of social. Disini aku memulai melukis kegiatanku walau terkadang merasa cape’, letih, lesu dan lain seabgainya, tapi inilah jalan yang harus di hadapi dengan niat kesungguhan maka hari ini adalah milikku.

“ Saatnya kuliah “, teriakku lantang membentur tembok bangunan.

Aku melangkahkan kaki menuju ke kampus, yang dikatakan adalah kampus hijau, kampus sang pencerah. Dahulu tak terlukiskan oleh benakku bagaimana indahnya kampus sebagai rumah sendiri, tempat berteduh kaum-kaum intelektual, ruang diskusi tanpa dibatasi oleh waktu tapi itu dulu, hari ini berbeda jauh dari apa yang aku dengar oleh senior, namun masih sangat tergambar dibenak ini dengan menimba cerita-cerita dari angkatan sebelumku  yang masih berdomisili di lingkungan kampus ini.

“Fiuhh, hari yang menantangku, tepat pukul 08.00 harus on time di dalam kelas karena dosen kali ini tak mengenal kompromi,hhee”,

“ Eits, dengungku”, memang dosen yang disiplin dan keilmuannya juga memang di perhitungkan daripada dosen-dosen yang lain, yang hanya sebagai fasilitator saja dalam kelas, kalau boleh mengandaikan, karena inilah yang terasa dan yang dirasakan.

“Ya, aku ikuti perkuliahan dengan seksama namun akhirnya bosan juga”.

Jarum jam menunjukkan Pukul 10.30 aku keluar bareng teman-temanku karena memang tak terasa satu mata kuliah telah rampung, bergegas aku menuju perpustakaan untuk mencari bahan diskusi pada sore nanti, diskusi bisa dikatakan adalah makanan keseharianku, karena ruang dialektika bukanlah hanya di dalam kelas saja, buktinya aku bersama sahabat-sahabatku se-organisasi bisa mewarnai ruang kelas dengan beradu argumen tentang keilmuan, karena ada atau tiada, dan sadar atau tidak sadar banyak teman-teman yang berada dalam kelas saat pelajaran dimulai berangkat dari ruang yang kosong, artinya hanya duduk manis dan menjadi pendengar aktif menerima segala argumentasi tanpa di sadari kebenarannya, padahal alangkah indahnya kelas bila di isi dengan suara-suara yang memang itu bisa menjadi bahan pertimbangan dengan cara berdialektika dan dari berbagai refrensi. Tidak percaya..? Check it out.

“Saat langkah kakiku menuju ke perpus, terdengar suara dari belakang”.

“Camel….!!!” suara sapaan lembut untuk namaku, Camalia. Perlahan aku menoleh kebelakang dan ternyata yang manggil itu adalah salah satu sahabatku. Ya, namanya Zahra.

“ada apa Za ? wihh,,,makin cerah aja muka kamu” jawabku dengan sedikit lembut karena temanku yang satu ini bersuku jawa lembut tulen. (yah gak herankan kalau aku berlaga lembut meski karakterku sangat jauh dari makna lembut).

“iya nih, hari ini adik saya datang dari Ausy, sudah beberapa tahun ku menjumpainya hanya dibalik layar canggih, jawabnya. Oh iya, aku hanya mau nitip surat izin buat Bu dosen Kajur tercinta, aku mau jemput adikku di bandara, dan jauh-jauh hari aku sudah janji untuk menjemputnya”, dengan riangnya dia menjalani hari dengan senyuman yang selalu mewarnai teman-taman termasuk aku, dia pun berlalu setelah memberikan surat izin kepadaku untuk kuliah nanti pukul 11.00.

Memang Zahra sudah sepeti saudaraku disini, dia yang mengingatkanku bahwa dipelataran yang jauh dari tanah kelahiran dan keluargaku, yang seharusnya aku bisa hidup sesuka hati, bebas dan bersenang-senang tapi dia selalu bilang “apapun yang kamu lakukan, ingatlah orang tuamu, ingatlah siapa dirimu?!” Motivasi tersendiri yang sangat agung bagiku, dan masih ada sahabat-sahabat yang lain yang sudah seperti keluargaku sendiri disini yang juga setia menemani aku dalam kondisi apa pun.

Di perpus aku dapatkan “aku berpikir, maka aku ada”, dari tokoh barat Rene Discarte, yang esensinya perlu di olah dalam diri pribadiku, aku tau bahwa aku mahasiswa tapi tidak semudah ini menurutku menjadi seorang mahasiswa, dimana-mana mahasiswa adalah pelajar di perguruan tinggi dan mendapat gelar S1 kala selesai, namun dibalik ini semua ada hal yang lebih besar yang perlu di pertanggung jawabkan terhadap lingkungan sosial dan khususnya diri sendiri, apakah itu.?!“uhftttt….!” inilah sirkulasi kehidupan yang memang penuh akan perjuangan.

Semilir angin disore hari menjemputku, membawa awan biru ke arah tanpa batas, memberikan satu arti bahwa alam bumi ini akan terus berputar dan tiada yang tahu kapan akan berhentinya dunia ini selain Sang Pencipta keindahan itu sendiri yang Maha tau.

Setelah sedikit menimba ilmu-Nya dengan berdiskusi, kaki ini kembali melangkah tuk sejenak merebahkan tubuh di kost. Di perjalanan pulang ke kost aku temui teman yang lagi dalam gundah gulana.

“Kenapa Rin, kamu kok kelihatan murung?” tanyaku kepada Ririn.

“Eh, tidak kok kak, nggak kenapa-kenapa..” jawab dia dengan sedikit kaget di raut wajahnya.

“Ehmm, semoga kamu selalu dalam lindungan-Nya dan kalau memang ada sesuatu yang ingin di omongin, bilang ajah Rin” ibahku melihat sesosok wanita yang berhati sutra.

“Iyaa kak, makasih yah, aku cuman lagi sedih aja tapi maaf ya kak, sekarang aku masih belum bisa cerita, mungkin besok-besok aja kalo hati ini udah tenang”, dengan senyum manisnya,  sedikit pintu kejelasan dari dia atas apa yang dirasakan dari wajah yang anggun menutupi kesedihannya.

“Ya udah, aku ke kost dulu Rin, baik-baik aja yah”, aku pamit ke kost dengan ikut merasakan kesedihan itu walau pun belum jelas akan sebenarnya kesedihan itu.

Tanpa terpikir oleh para pujangga bahwa sesungguhnya hidup tidak hanya di hadapkan kepada individu saja, artinya hakikat hidup tidak bisa lepas dari Tuhan dan sosial, andaikan setiap insan itu ingat akan diri sendiri, keluarga, maupun kepada Pemilik hidup maka alangkah tentram hidup ini dengan warna-warni kehidupan yang di dambakan oleh seluruh manusia yang berinjak di bumi ini.

2.572 komentar untuk “Aku Mahasiswa?”

  1. Kindly note that third parties may change or cancel bonuses or any other promotional offers as they deem fit, and we will not be held liable for this or any other inconsistent information on their sites.
    casinospel Australia real money casino, because it can offer you fantastic promotions, special prizes, clear and transparent deposits, and withdrawals, as well as the awesome promotions!

  2. I am a writer, journalist, professor, systems modeler, computational and digital health expert, avocado-eater, and entrepreneur, not always in that order.
    paper writer Engineer must be able to understand the use of technology in the practice of law and must be able to quickly and correctly resolve end-user functional issues, frequently under critical time constraints.

  3. All you need to do is make an order on our very easy to use website and give specifics such as the length of the speech, topic and of course the date and time you expect to have it ready. write my paper Personal narrative essay and sample format, essay in hindi on doordarshan ke labh aur hani financial analysis definition essay essay on world book fair dashain festival essay in english for class 4.

  4. If you have been looking for a helping hand to solve your problems with college assignments once and forever, the website you see in front of you is the best option. write my paper There are standard steps to essay writing which are meant to ensure that a writer is able to produce a high-quality paper that meets all the relevant requirements.

  5. They handle analytics and in-depth research to write a great paper featuring strong argumentation, thesis and conclusion introducing brilliant ideas to cover the topic. paper writing service Essay yellow book compare and contrast literature essay, describe your friend essay spm essay about nursing theory, advantages of english as a global language essay essay and letter for ssc cgl.

  6. When you want to purchase a research paper for sale, you need to review various aspects of a website to get the best service and it also includes the range of services offered by the website. write my paper Due to various life circumstances, some students cannot write academic papers by themselves and start looking for professional writers whom they can pay.

  7. Our team of tried and tested individuals continue to break barriers in the field of market research as we forge forward with a new and ever-expanding focus on emerging markets. paper writer Evaluation questions, similar to research questions in academic research projects, guide the methods and tools used to collect data to understand the problem under investigation.

  8. Free mature mom porn tube brings you thousands of free sex videos of sexy inzest free porn movies mothers and sons. muahang taigia Like his father he is also know to give success, peace, prosperity to his devotees but at the same time he is also know to bless the devotees with knowledge, wisdom and wealth.

  9. Feasibility of whole-body vibration as an early inpatient rehabilitation tool after lung transplantation – a pilot study. frontechnigeria The author suggests that traumatic cryptic messages are a spur and motor for psychosexual development.

  10. Liebestext und darauf sagte er, dass es ihm noch nicht vollkommen gut gehe, jedoch schon besser als vorher. tgu-tommyguns If you would like to edit an existing design please remember to state the design you would like to edit and include the text you would like the wording changed to.

  11. The time evolution of the corresponding dynamical system is described in a six-dimensional phase space. gmcourseonline If they go with option 1 the population on vanilla classic servers will plummet, and many people really do want to stick with vanilla forever, we know that from private servers.

  12. Ping-kembali: chloroquine phosphate

  13. She loves to be inspired, but also seduced and she loves to playfully combine the beauty and exquisite in life. lapnl Garth had supplied him with fresh syrup, and he had begun to rub the gold knob of his stick,looking bitterly at the fire.

  14. Ping-kembali: best cialis site

  15. Ping-kembali: doctor7online.com

  16. Ping-kembali: ciproxin dosage

  17. Ping-kembali: viagra for men for sale

  18. Canadian Pharmacy World supplies a range of prescription and over-the-counter Canadian drugs. Whether you are looking for buy cialis online Download Full Blog here (pdf) Tags: pre-vetting inspection checklist, sire inspection checklist, vetting inspection preparation

  19. Ping-kembali: low dose naltrexone pharmacies

  20. Ping-kembali: chloroquine uk pharmacy